Media Konvergen (Convergence Media)


Media Konvergen (Media Gabungan)

Media konvergen adalah bergabungnya media-media seperti media cetak, media online menjadi satu kesatuan. Kata “konvergensi” sendiri sering digunakan untuk merujuk ke berbagai proses yang berbeda, sehingga terkadang menimbulkan kebingungan. Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatukan saluran-saluran komunikasi masa, seperti media cetak, radio, televisi, internet, bersama dengan teknologi-teknologi portable dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital.

Dalam perumusan yang lebih sederhana, konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda ke dalam sebuah media tunggal.

Gerakan konvergensi media tumbuh berkat adanya kemajuan teknologi akhir-akhir ini, khususnya dari munculnya internet dan digitalisasi informasi.

Contoh sederhana tentatng media konvergens media adalah salah satu produknya, sebagai hasil perkembangan terkini padateknologi mobile. Handphone yang anda miliki sekarang bisa melakukan fungsi kalkulator, njuga bisa untuk menonton siaran TV, mendengarkan radio, merekam suara, merekam gambar video dan sebagainya.

Konvergensi media memungkinkan para professional di bidang media masa untuk menyampaikan berita dan menghadirkan informasi dan hiburan dengan menggunakan macam media.

Komunikasi yang sudah dikonvergensikan menyediakan berbagai macam alat untuk penyampaian berita dan memungkinkan konsumen untuk memilih tingkat interaktivitasnya., seraya mereka bisa mengarahkan sendiri penyampaian kontennya.

Konvergensi media memungkinkan khalayak media massa untuk berinteraksi dengan media masa dan bahkan mengisi konten media masa. Audiens sekarng dapat mengontrol kapan, diamana dan bagaimana mereka mengakses dan berhubungan dengan informasim, dalam berbagai jenisnya.

Dalam media konvergen kita juga bisa melihat berbagai contohnya seperti video live streaming di situs-situs web. Seperti situs TV One, disana ada video live streaming yang bisa Anda akses apabila anda tidak berada di depan layar televisi yang anda miliki di rumah. Dengan live streaming inilah para penonton bisa menikmati berita lewat internet. Hal ini disebut media konvergen atau media yang digabungkan dengan media-media lainnya.

Advertisements

Thanks for visiting and reading my post. You can leave a comment right now. But, not a SPAM please...

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s