Media Online


Media Online

 

Media online adalah salah satu bentuk media masa. Media ini diakses oleh internet. Media online merupakan perkembangan teknologi dalam penyampaian berita. Kita bisa mendapatkan berita secara murah dan mudah. Tidak perlu membeli koran atau surat kabar lainnya. Kita hanya membutuhkan media computer dan jaringan internet untuk mengakses media online ini. Media online itu adalah seperti media cetak yaitu koran. Tapi ini di dalam dunia maya. Tidak hanya computer yang dapat mengakses media online ini. Sebab handphone atau teknologi lainnya seperti gadget-gadget sepeti iPad bisa mengakses media online tersebut dengan mudah. Dalam media online kita dapat menemukan berita-berita seperti berita seputar politik, bisnis, hiburan dsb.

Media-media online yang terkenal adalah seperti:

1. Detik.com

2. Kompas Cyber Media

3. Republika

4. Suara Pembaharuan

5. Media Indonesia

Dll.

Media Online di Indonesia kebanyakan lahir pada saat jatuh-nya pemerintahan Suharto di tahun 1998, dimana alternatif media dan breaking news menjadi komoditi yang di cari banyak pembaca.

Dari situlah kemudian tercetus keinginan membentuk detikcom yang update-nya tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang dijual detikcom adalah breaking news. Dengan bertumpu pada tampilan apa adanya detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan pengguna internet Indonesia.

Lahirnya detikcom

detikcom barangkali merupakan media online Indonesia yang pertama yang di garap secara serius. Tidak heran karena pendirinya kebanyakan dari media, Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan w:Tempo), dan Didi Nugraha. Server detikcom sebetulnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai online dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Jadi tanggal 9 Juli ditetapkan sebagai hari lahir Detikcom.

Masa awal detikcom lebih banyak terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.

Media online merupakan salah satu alternative mencari berita yang kita butuhkan.

Advertisements

Thanks for visiting and reading my post. You can leave a comment right now. But, not a SPAM please...

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s